Halo guys, saya NaughtyGoat dan kali ini saya akan menjelaskan tentang Adobe Flash. Siapa sih yang gak kenal sama software satu ini? buat kaum boomer pasti ngerti sama software satu ini
![]() |
Pengertian Adobe Flash
Adobe Flash adalah teknologi perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan merender animasi, video, dan aplikasi interaktif untuk berbagai platform, termasuk desktop dan perangkat seluler. Adobe Flash dapat digunakan untuk membuat animasi yang kompleks dan terintegrasi dengan audio dan video.
Teknologi Adobe Flash pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 dan sejak itu menjadi populer di seluruh dunia. Adobe Flash menggunakan bahasa pemrograman ActionScript, yaitu bahasa pemrograman yang relatif mudah dipahami dan digunakan. Namun, karena beberapa masalah keamanan dan penggantian teknologi yang lebih baru seperti HTML5, Adobe mengumumkan pada tahun 2017 bahwa mereka akan berhenti mendukung Adobe Flash pada tahun 2020. Oleh karena itu, sekarang lebih disarankan untuk menggunakan teknologi alternatif seperti HTML5 untuk membuat konten web interaktif.
Untuk kaum web developer, ini bisa dibilang teknologi jadul. namun apa salahnya kita belajar
Tampilan Adobe Flash
Ketika kalian masuk ke dalam Adobe Flash, kalian akan melihat jendela aplikasi yang terdiri dari beberapa panel dan fitur. Berikut ini adalah tampilan yang sering muncul ketika kalian membuka Adobe Flash:
1. Panel Tool: Panel Tool terletak di sisi kiri jendela. Ini berisi alat-alat yang digunakan untuk menggambar, mengedit, dan memodifikasi elemen animasi.
2. Timeline: Timeline adalah baris waktu yang terletak di bagian bawah jendela. Timeline menampilkan urutan waktu dan jenis elemen animasi yang sedang digunakan.
3. Stage: Stage adalah area kerja di mana kamu akan membuat animasi atau proyekmu. Kamu dapat menambahkan elemen animasi, gambar, dan teks langsung ke dalam Stage.
4. Properties Panel: Properties Panel adalah panel di mana kamu dapat mengatur properti dari elemen animasi atau obyek yang dipilih.
5. Library Panel: Library Panel terletak di sisi kanan jendela. Ini berisi semua elemen animasi atau gambar yang telah kamu impor atau buat sebelumnya.
6. ActionScript Panel: ActionScript Panel adalah panel di mana kamu dapat menambahkan kode ActionScript untuk mengendalikan perilaku elemen animasi.
7. Menu Bar: Menu Bar terletak di bagian atas jendela dan berisi menu utama dan submenu yang dapat membantu kamu mengakses berbagai alat dan fitur.
nah itu dia tampilan ketika kita masuk ke Adobe Flash, saatnya saya akan menjelaskan semuanya satu per satu
Menu Bar
Menu Bar di Adobe Flash adalah sebuah panel yang terletak di bagian atas jendela Adobe Flash, berisi menu utama dan submenu yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai alat dan fitur dalam aplikasi. Dalam Menu Bar, pengguna dapat menemukan berbagai opsi yang terkait dengan pengaturan dasar aplikasi, seperti File, Edit, View, Insert, Modify, Text, Commands, Window, dan Help.
File menu adalah menu pertama yang muncul di Menu Bar, yang berisi opsi untuk membuat, membuka, dan menyimpan file atau proyek dalam Adobe Flash.
Edit menu berisi opsi untuk mengedit atau memodifikasi elemen animasi atau objek tertentu, seperti mengubah ukuran, memotong atau menyalin, atau memformat teks.
View menu berisi opsi untuk mengatur tampilan jendela atau pengaturan tampilan kepala proyek. Insert menu berisi opsi untuk menambahkan elemen animasi, gambar, teks, atau objek baru ke dalam proyek.
Modify menu berisi opsi untuk mengubah sifat atau properti dari elemen animasi atau objek tertentu.
Text menu berisi opsi untuk mengatur dan memodifikasi teks dalam elemen animasi atau objek.
Commands menu berisi opsi untuk menjalankan berbagai perintah atau perintah di Adobe Flash.
Window menu berisi opsi untuk mengatur jendela dalam proyek. Help menu berisi opsi untuk membuka panduan atau bantuan untuk menggunakan Adobe Flash.
Panel Tool
Panel Tool di Adobe Flash adalah panel yang berisi berbagai macam alat yang dibutuhkan untuk menggambar dan mengedit elemen animasi pada proyek Adobe Flash. Panel Tool terletak di sebelah kiri jendela dan berisi sejumlah alat yang digunakan untuk membuat dan memodifikasi elemen animasi.
Beberapa alat yang dapat ditemukan di Panel Tool di Adobe Flash antara lain:
1. Selection Tool: Alat ini digunakan untuk memilih, memindahkan, dan mengubah ukuran atau sifat dari elemen animasi.
2. Drawing Tools: Alat-alat ini digunakan untuk membuat objek dasar seperti lingkaran, persegi, segitiga, atau bentuk yang lebih kompleks.
3. Text Tool: Alat ini digunakan untuk menambahkan teks ke elemen animasi.
4. Color Tools: Alat-alat ini digunakan untuk mengubah warna elemen animasi atau menambahkan efek media lainnya.
5. Brush Tool: Alat ini digunakan untuk membuat gambar tangan bebas, sketsa garis, atau bentuk yang lebih kompleks dengan sikat.
6. Eraser Tool: Alat ini digunakan untuk menghapus elemen animasi atau objek yang salah.
7. Transform Tools: Alat-alat ini digunakan untuk memutar, membalik, atau memiringkan elemen animasi, atau bahkan mengubah bentuk secara keseluruhan.
8. Shape Tools: Alat ini digunakan untuk membuat bentuk dasar yang telah ditentukan atau bentuk yang lebih kompleks dengan berbagai pengaturan.
9. Line Tool: Alat ini digunakan untuk membuat garis atau bentuk garis dalam elemen animasi.
10. Pen Tool: Alat ini digunakan untuk membuat bentuk lebih kompleks dengan menggunakan path dan anchor point.
11. Perspective Tools: Alat ini digunakan untuk membuat perspektif dalam elemen animasi atau objek.
12. 3D Tools: Alat ini digunakan untuk membuat objek 3D dengan menggunakan berbagai pengaturan.
Timeline
Timeline di Adobe Flash adalah sebuah panel yang menampilkan urutan waktu dari elemen animasi di proyek kalian. Timeline ini terletak di bagian bawah jendela Adobe Flash dan memungkinkan kalian untuk mengatur elemen animasi ke dalam urutan tertentu.
Dalam Timeline, kalian dapat menambahkan dan menghapus layer, setiap layer ini dapat berisi elemen animasi, gambar atau teks. Setiap layer mewakili urutan elemen animasi tertentu, dimana pengguna dapat mengubah tampilan dan perilaku dari layer tersebut.
Pada Timeline, semakin ke kiri objek animasi maka objek itu akan muncul lebih awal dan sebaliknya semakin ke kanan objek animasi maka objek tersebut akan muncul lebih akhir. Selain itu, setiap layer pada timeline juga berfungsi sebagai grup atau kategori, dimana kamu dapat mengatur elemen animasi dengan lebih baik. Kamu juga dapat melakukan beberapa tindakan seperti menambah, menghapus, atau mengatur layer dalam Timeline.
Timeline juga memiliki beberapa fitur, diantaranya:
1. Keyframes: Keyframes adalah titik di mana elemen animasi berubah secara drastis dalam urutan waktu. Keyframe memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan dan perilaku dari elemen animasi pada setiap titik tertentu dalam urutan waktu.
2. Tweening: Tweening memungkinkan kamu untuk membuat transisi yang mulus antar keyframes. Tweening digunakan untuk menghasilkan perubahan yang lebih halus dengan mengubah elemen animasi secara bertahap.
3. Frame Rate: Frame rate adalah jumlah frame atau gambar yang muncul dalam satu detik. Frame rate tersebut mempengaruhi kecepatan elemen animasi yang muncul di timeline.
4. Scene: Scene adalah panel yang digunakan untuk mengatur dan memanipulasi scene atau adegan dalam proyek kamu. Scene memungkinkan kamu membagi proyek menjadi beberapa bagian dan memungkinkan kamu mengatur elemen animasi dengan lebih baik.
Stage
Stage di Adobe Flash adalah area kerja di mana elemen animasi, gambar, dan teks ditempatkan dan diberi tampilan terakhir. Stage merupakan sebuah panel yang terletak di bagian tengah jendela Adobe Flash dan menjadi area kerja utama bagi pengguna untuk membuat animasi atau proyek.
Di dalam Stage, pengguna dapat menambahkan dan mengatur elemen animasi dengan berbagai cara, seperti menggambar atau menempel elemen animasi dari Library Panel atau mengimpor file media dari komputer. Pengguna juga dapat mengatur properti elemen seperti ukuran, posisi, pembesaran atau pengecilan, ataupun transparansi elemen animasi.
Stage juga memiliki beberapa fitur dan alat bantu, diantaranya:
1. Rulers: Rulers adalah alat pengukur yang dapat digunakan untuk mengukur elemen animasi di Stage dalam satuan piksel atau unit lain.
2. Grid: Grid adalah alat bantu yang dapat digunakan untuk mengatur elemen animasi di Stage secara presisi.
3. Guides: Guides adalah garis yang digunakan sebagai referensi untuk menempatkan elemen animasi di Stage.
4. Masking: Masking adalah teknik yang digunakan untuk menyingkirkan bagian tertentu dari elemen animasi atau gambar.
5. Filters: Filters adalah efek visual atau modifikasi yang digunakan untuk meningkatkan tampilan elemen animasi.
6. Symbol: Symbol adalah elemen animasi yang dapat digunakan berkali-kali dalam sebuah proyek. Pengguna dapat membuat simbol untuk gambar, teks, atau animasi tertentu dan menggunakannya di berbagai bagian proyek.
Properties Panel
Properties Panel di Adobe Flash adalah panel yang menampilkan properti dari elemen animasi atau objek tertentu yang dipilih di dalam Stage. Properties Panel terletak di sisi kanan jendela dan memungkinkan pengguna untuk mengatur dan memodifikasi properti seperti ukuran, posisi, warna, rotasi, opasitas, dan lain-lain.
Ketika pengguna memilih elemen animasi atau objek di dalam Stage, Properties Panel akan menampilkan berbagai nilai properti yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Dalam Properties Panel, pengguna juga dapat menyesuaikan properti elemen animasi atau objek tertentu dengan menggunakan tampilan umum seperti warna dan ukuran atau menggunakan kode ActionScript untuk mengontrol perilaku dari elemen animasi atau objek.
Properties Panel juga menyediakan beberapa fitur dan alat bantu, seperti:
1. Transformation Tool: Alat ini memungkinkan kamu untuk mengubah ukuran, posisi, atau rotasi dari elemen animasi atau objek tertentu.
2. Skew Tool: Alat ini memungkinkan kamu untuk memiringkan elemen animasi atau objek secara terpisah.
3. Color Picker: Alat ini memungkinkan kamu untuk memilih warna untuk elemen animasi atau objek tertentu.
4. Filters: Alat ini memungkinkan kamu untuk menambahkan efek visual atau modifikasi pada elemen animasi atau objek tertentu.
5. Transparency Tool: Alat ini memungkinkan kamu untuk mengatur opasitas, atau transparansi dari elemen animasi atau objek tertentu.
6. Blend Tool: Alat ini memungkinkan kamu untuk membuat efek blending atau perpaduan pada elemen animasi atau objek tertentu.
Library Panel
Library Panel di Adobe Flash adalah panel yang berisi semua elemen animasi, gambar, video, dan teks yang telah dibuat atau diimpor ke dalam proyek kalian. Library Panel terletak di sisi kanan jendela dan memungkinkan kamu untuk mengaturnya dengan menggunakan folder, menambahkan atau menghapus elemen animasi, dan mengatur properti elemen.
Dalam Library Panel, elemen animasi atau objek dikelompokkan ke dalam folder yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna. Folder tersebut memungkinkan kalian untuk mengatur elemen animasi atau objek dengan lebih baik dan dengan mudah menggunakannya lagi di proyek selanjutnya.
Beberapa fitur dan alat bantu yang terdapat di Library Panel, antara lain:
1. Search Field: Alat ini memungkinkan kamu untuk mencari elemen animasi atau objek tertentu dengan cepat.
2. Create New Symbol: Alat ini memungkinkan kamu untuk membuat atau menambahkan simbol yang dapat digunakan berkali-kali dalam proyek kamu.
3. Rename: Alat ini memungkinkan kamu untuk mengubah nama dari folder, simbol, atau elemen animasi lainnya.
4. Edit: Alat ini memungkinkan kamu untuk memodifikasi elemen animasi atau objek tertentu dengan cepat.
5. Delete: Alat ini memungkinkan kamu untuk menghapus elemen yang sudah tidak diperlukan dari library.
6. Preview: Alat ini memungkinkan kamu untuk melihat elemen animasi atau objek tertentu dalam ukuran yang lebih kecil.
ActionScript Panel
ActionScript Panel di Adobe Flash adalah panel yang digunakan untuk menambahkan kode ActionScript yang mengontrol perilaku dari elemen animasi atau objek tertentu dalam proyek kalian. ActionScript adalah bahasa scripting yang digunakan di Adobe Flash untuk membuat interaksi dan perilaku yang kompleks dalam elemen animasi.
Dalam ActionScript Panel, kalian dapat menambahkan kode ActionScript ke dalam elemen animasi atau objek tertentu, seperti tombol, gambar, atau animasi tertentu. Kode ActionScript tersebut akan membantu kamu untuk mengontrol perilaku dari elemen animasi atau objek tersebut, seperti menambahkan efek animasi atau membuat interaksi dengan pengguna.
ActionScript Panel memiliki beberapa tab dan fitur, seperti:
1. Script: Halaman utama dalam ActionScript Panel yang menampilkan kode ActionScript untuk elemen animasi atau objek tertentu.
2. Actions: Tab ini menampilkan aksi atau perintah yang dapat disisipkan ke dalam kode ActionScript.
3. Snippets: Tab ini berisi kode ActionScript yang dapat digunakan kembali untuk membuat aksi atau perintah tertentu.
4. Classes: Tab ini berisi kelas atau grup kode ActionScript yang dapat digunakan untuk membuat fungsi lebih kompleks dalam elemen animasi atau objek tertentu.
Shortcut umum namun penting di Adobe Flash
Terdapat banyak shortcut pada Adobe Flash yang memungkinkan pengguna untuk menghemat waktu dan mempercepat proses desain dan pengeditan. Berikut ini adalah beberapa shortcut yang umum digunakan di Adobe Flash:
1. Ctrl+N: Membuat dokumen baru.
2. Ctrl+O: Membuka dokumen yang sudah ada.
3. Ctrl+S: Menyimpan dokumen.
4. Ctrl+Z: Membatalkan/menegaskan tindakan terakhir.
5. Ctrl+X: Menghapus elemen animasi atau objek yang sudah dipilih.
6. Ctrl+C: Menyalin elemen animasi atau objek yang sudah dipilih.
7. Ctrl+V: Menempelkan elemen animasi atau objek yang sudah dipilih dari Clipboard.
8. Ctrl+D: Duplikat elemen animasi atau objek yang sudah dipilih.
9. Ctrl+F8: Membuat simbol baru.
10. Ctrl+Shift+A: Membuka panel ActionScript.
11. Ctrl+T: Membuka panel Transformation.
12. Ctrl+E: Membuka panel Property Inspector.
13. Ctrl+G: Mengelompokkan elemen animasi atau objek menjadi satu grup.
14. Shift+F2: Membuka panel Library.
15. F5: Memuat ulang tampilan stage.
Kesimpulan
Demikian artikel yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat. jika ada yang kurang bisa tulis di komentar blog saya. see you and stay mbeek
